counter

penyakit polip

Polip adalah pertumbuhan yang tidak normal atau abnormal yang bisa terjadi dimana saja pada tubuh. Atau bisa juga disebut polip adalah membran mukosa yang mengalami radang, yang membuat ukuran selnya membesar. Polip juga bisa tumbuh sendiri ataupun berkelompok. Jenis polip juga ada yang jinak adapula yang ganas atau kanker. Biasanya polip yang paling banyak ditemukan pada usus, hidung ataupun rahim. Polip juga bisa terjadi pada siapa saja, tidak tergantung pada usia berapapun.

Jenis Polip

Jenis polip dibedakan menjadi dua berdasarkan bentuknya, yaitu polip bertangkai dan juga polip sessile. Polip bertangkai biasanya menempel di dinding organ dengan tangkai pendek dan tebal atau panjang dan tipis. Sedangkan polip sessile akan tumbuh langsung di dinding organ. Biasanya polip yang baru tumbuh akan berupa polip sessile dan terus berkembang menjadi polip bertangkai jika polip sudah matang.

Tempat Terjadinya Polip

Polip Usus

Biasanya polip ini akan muncul di usus dan juga rektum. Polip usus ini tidak bersifat kanker, namun berbeda dengan polip kolorektal yang biasanya berasal dari pertumbuhan polip yang jinak. Polip usus ini akan lebih berisiko terjadi pada orang yang sudah lebih berumur. Biasanya polip ini tidak memiliki gejala, namun kadang juga terjadi pendarahan, diare, ataupun sembelit, dan jarang terjadi nyeri.

Polip Hidung

Biasanya terdapat di sekitar sinus dan bisa menghambat sinus dan juga saluran hidung. Seseorang akan lebih berisiko terserang polip ini jika memiliki infeksi sinus kronis, alergi, asma ataupun fibrosis kistik.

Polip Rahim

Biasanya polip rahim ini tidak bersifat kanker. Semua wanita juga bisa mengalami polip tidak tergantung pada usia berapa, namun umumnya terjadi setelah wanita tersebut berusia 40 tahun. Polip rahim bisa tumbuh pada dinding dalam rahim ataupun dinding luar. Wanita yang sedang dalam masa pra menopause biasanya akan lebih sering mengalami polip pada dinding dalam rahim. berbeda dengan wanita yang sudah menopause, akan mengalami polip pada dinding luar rahim.

Klik chat

Gejala Polip

masalah polipPolip Usus

  • Feses berdarah
  • Terdapat lendir bening di feses
  • Diare ataupun sembelit
  • Sakit perut

Polip Hidung

  • Hidung tersumbat
  • Lendir yang berlebihan
  • Indera penciuman menurun
  • Sakit kepala

Polip Rahim

  • Siklus menstruasi kadang tidak teratur
  • Terdapat bercak di antara periode menstruasi
  • Menorrhagia, atau pendarahan yang berlebihan selama periode menstruasi berlangsung

Penyebab Polip

Penyebab polip adalah mutasi gen yang menyebabkan sel-sel tumbuh dengan cepat, dan akhirnya menyebabkan polip. Ada juga beberapa kasus yang menyebabkan polip muncul, yaitu seperti komplikasi dari kondisi medis tertentu.

Faktor resiko lain juga bisa menyebabkan timbulnya polip, seperti orang yang berumur, bisa lebih berisiko terserang polip. Selain itu orang yang merokok ataupun minum alkohol akan lebih mudah terkena polip daripada yang tidak.

Pengobatan Polip

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk polip adalah Anda harus mengetahui dulu dimana tempat polip muncul, jumlah polip, ukuran polip dan apakah polip yang Anda derita sifatnya ganas atau jinak. Prosedur yang akan dilakukan biasanya seperti sinar X ataupun USG dan juga biopsi untuk mengetahui polip tersebut ganas atau tidak.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, dokter biasanya akan melakukan prosedur operasi ataupun diberikan obat-obatan yang bisa mengendalikan bahkan menghambat pertumbuhan polip.

Kenali gejalanya, jika Anda ragu apakah Anda memiliki polip atau tidak lebih baik langsung berkonsultasi lah dengan dokter yang sesuai. Agar nantinya Anda mendapatkan penanganan secara langsung.

Klik chat