servisitisServisitis adalah peradangan pada serviks (leher rahim). Peradangan serviks sering terjadi karena luka kecil bekas persalinan yang tidak diwarat dan bisa juga disebabkan karena infeksi saat berhubungan seksual. Terjadinya servisitis karena adanya robekan serviks, terutama yang menimbulkan ectropion. Tanda-tanda dan gejalanya terkadang ketika wanita memasuki periode menstruasi dan perubahan cairan vagina. Ketika diperiksa seringkali hasil dari servisitis adalah infeksi menular seksual seperti klamidia atau gonore.

Gejala Servisitis

Servisitis terkadang tidak mempunyai tanda dan gejala, dan penyakit ini juga dapat dideteksi dengan cara tes pap atau biopsy. Berikut tanda-tanda dan gejala servisitis yang mungkin akan anda temui:

• Terdapat keputihan yang berwarna hijau, coklat atau kuning dalam jumlah yang tidak sedikit, dan seperti nanah, dan kadang memiliki bau yang tidak enak.
  • Sering merasakan nyeri ketika buang air besar.
  • Merasakan nyeri selama melakukan hubungan seksual.
  • Pendarahan pada vagina setelah berhubungan seksual, tidak tekait dengan periode menstruasi.

Kemungkinan penyebab dari servisits meliputi:

• Infeksi menular seksual, paling sering infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan servisitis ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini didapat melalui infeksi melular seksual umum. Termasuk gonore, klamidia, trikomoniasis dan herpes genital.
  • Reaksi alergi, alergi, baik untuk spermisida kontrasepsi atau kondom lateks, ini juga mnyebabkan servisitis seperti reaksi terhadap kesehatan feminism, seperti douche atau deodorant vagina, juga dapat menyebabkan servisitis.
  • Pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Pertumbuhan beberapa bakteri yang biasanya terdapat di vagina ini dapat menyebabkan servisitis.

Yang dapat beresiko terjangkit servisitis adalah:

• Melakukan seksual tanpa kondom.
  • Berganti-gati pasangan seksual atau berhubungan seksual dengan seseorang yang sering berganti-ganti pasangan.
  • Memulai hubungan seksual di bawah umur.
  • Memiliki riwayat infeksi menular seksual.

Komplikasi

• Serviks anda bertindak sebagai penghalang untuk menjaga bakteri dan virus memasuki rahim, ketika leher rahim terinfeksi, ini dapat meningkatkan resiko infeksi masuk kedalam rahim anda.
  • Servisitis yang disebabkan oleh gonore atau klamidia dapat menyebar ke lapisan rahim dan saluran tuba, yang mengakibatkan penyakit radang panggul (PID), infeksi pada organ reproduksi wanita dapat menyebakan masalah pada kesuburan and ajika tidak ditangan dengan cepat.
  • Servisitis juga dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena HIV dari pasangan seks yang terinfeksi.

Diagnosis

Untuk mendiagnosa penyakit ini, Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik yang meliputi:

• Pemeriksaan panggul, dokter akan memeriksa organ panggu anda untuk melihat pembengkakan dan nyeri. Dokter juga akan menempatkan speculum dalam vagina untuk melihat bagian atas dari vagina dan leher rahim.
  • Koleksi specimen, proses ini sama untuk tes pap, dokter menggunakan kapas kecil atau kuas untuk mengambil sampel cairan serviks dan cairan vagina. Dokter akan memeriksa sampel tersebut ke laboratorium untuk menguji infeksi. Tes laboratorium juga dapat dilakukan dengan menggunakan tes urin.

Pengobatan

Servisitis

Langkah pertama adalah mengidentifikasi penyebab penyakit, dan kemudian meresepkan perawatan yang komprehensif.Jika serviks patologis mikroorganisme perkalian terjadi, dokter memberikan resep antibiotik untuk pengobatan.

Jika papillomatoznyh atau herpes infeksi, maka harus menggunakan obat antivirus.Dalam rangka untuk menghancurkan agen penyakit, diberi antibiotik yang berbeda.Misalnya, tetrasiklin digunakan untuk infeksi klamidia, flukonazol – dengan infeksi Candida.

Ketika Anda faktor dalam memberantas infeksi virus dilakukan untuk perawatan yang panjang dan sulit.Acyclovir digunakan untuk herpes genital, dan interferon – dengan virus papiloma manusia. Perlu diingat bahwa selama pengobatan, perempuan perlu untuk memeriksa secara paralel dan pasangan seks dan kemudian menetapkan pengobatan kepadanya.

Jadi, pengobatan servisitis Рini adalah proses yang sangat panjang yang membutuhkan perawatan menyeluruh dan saat ini produktif, dan untuk memastikan bahwa itu tidak lulus dalam bentuk kronis harus dirawat sampai akhir. Servisitis kronis diperlakukan lebih lama, yang diperlukan untuk melawan tidak hanya penyebab penyakit ini, tetapi juga dengan komplikasinya.

Pencegahan

Ada beberapa cara yang sebenarnya dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit ini, salah satunya adalah membatasi diri agar tidak melakukan hubungan seksual yang tidak sehat dan sembarangan sembarangan orang tanpa mengetahui riwayat kesehatan orang tersebut. Karena dengan tindakan tersebut dapat melindungi anda dari servisitis yang disebabkan oleh penyakit seks menular (IMS).

Untuk memastikan kondisi anda sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ke dokter, anda dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.