counter

apa itu impotensi

Sudah tau apa itu impoten? Impoten merupakan permasalahan seksual pria. Ketika pria mengalami impoten atau disfungsi ereksi, maka pria akan kesulitan dalam memulai dan juga mempertahankan ereksi. Hal ini bukan saja terjadi ketika melakukan hubungan seksual saja, namun ketika pria sedang tidak melakukan hubungan seksual, ia sulit untuk mendapatkan ereksi. Kondisi ini sebenarnya banyak dialami oleh pria yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan pria yang berusia di bawah 50 tahun bisa mengalami ini. Bahkan saat ini ada sekitar 7 hingga 8 persen pria di usia 20 sampai 40 tahun yang mengalami kondisi ini.

Setelah mengetahui apa itu impoten, ada baiknya jika Anda juga mengetahui hal-hal lain yang terkait dengan kondisi permasalahan seksual pria ini. Hal ini penting, karena banyak kasus impoten pada pria yang tidak tertangani, karena kurangnya informasi ataupun tidak percaya diri untuk memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Impoten

Impoten atau disfungsi ereksi bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari masalah yang berkaitan dengan psikologis, obesitas, kebiasaan buruk, efek obat, ataupun adanya penyakit tertentu. Masalah psikologis seperti misalnya cemas, depresi ataupun takut, dapat mempengaruhi pria untuk ereksi. Selain itu kebiasaan merokok atau konsumsi alkohol juga bisa membuat pria mengalami impoten.

Klik chat

Obat-obatan seperti antidepresan, antipsikotik, diuretik, dan antikonvulsan, bisa menyebabkan pria mengalami impoten. Selain itu penyakit seperti diabetes dan jantung juga akan mempengaruhi kemampuan pria dalam memulai dan mempertahankan ereksi.

Selain itu, impoten juga bisa disebabkan karena seringnya menonton video porno dan melakukan masturbasi. Kebiasaan-kebiasaan ini banyak dilakukan oleh para pria muda atau remaja laki-laki. Jika dilakukan dalam jangka panjang, maka bisa menyebabkan Anda mengalami impoten.

Gejala Impoten

Gejala utama dari impoten adalah pria akan kesulitan dalam mencapai ereksi dan juga mempertahankan ereksi. Selain itu pria akan mengalami gairah seksual yang menurun. Sebenarnya jika impoten dialami sesekali saja, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan. Kecuali Anda terus menerus mengalami kondisi ini, karena bisa menjadi indikasi ada kondisi medis tertentu yang Anda alami.

Perlu diingat, bahwa impoten tidak sama dengan ejakulasi dini. Karena ejakulasi dini adalah kondisi dimana pria terlalu cepat mengalami ejakulasi, sehingga tidak memberikan kepuasan pada pasangannya.

Impoten juga tidak sama dengan mandul. Banyak orang yang menganggap bahwa pria yang impoten adalah pria yang mandul. Padahal keduanya berbeda. Karena mandul adalah permasalahan kesuburan, sedangkan impoten adalah permasalahan terkait ereksi ketika melakukan hubungan seksual.

Jadi tidak ada kesamaan dalam impoten, ejakulasi dini ataupun mandul. Namun ketiganya merupakan permasalahan seksual yang bisa dialami pria.

Diagnosis Impoten

Pemeriksaan akan dilakukan guna mengetahui penyebab kondisi yang dialami pria tersebut. Jika disebabkan gangguan psikologis, penanganan oleh psikiater adalah cara yang tepat. Sedangkan karena gangguan kesehatan fisik, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lain, seperti USG, tes darah, tes urine dan juga elektrokardiogram.

Jika Anda mengalami gejala-gejala apa itu impotensi, sebaiknya berkonsultasi lah dan periksakan diri Anda ke dokter. Tak perlu ragu ataupun malu dengan kondisi permasalahan yang Anda alami. Dengan dilakukan pemeriksaan ke dokter, maka permasalahan Anda akan segera ditangani.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu impoten yang Anda alami, Anda bisa berkonsultasi pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang telah tersedia. Anda juga bisa berkonsultasi permasalahan seksual lainnya pada staf kami. Semoga bermanfaat.
Klik chat