counter

keputihan hamil

Mungkin hampir sebagai besar wanita akan menilai timbulnya keputihan hanya berkaitan dengan pertanda menstruasi, akan tetapi ternyata keputihan juga bisa menjadi tanda kehamilan bagi seorang wanita. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah ciri-ciri keputihan saat akan mengalami ménstruasi dan kehamilan sudah pasti berbeda.

Biasanya pada wanita hamil keputihan tersebut disebut leukorrhea adalah nama medis untuk keputihan yang normal dan seorang wanita mungkin akan melihat keputihan lebih dari itu ketika di kehamilan sekitar 13 minggu hamil, atau pada awal trimester kedua.

Inilah Beberapa Perbedaan Tanda Hamil Keputihan dan Keputihan Biasa

Keputihan Hamil

tanda keputihan saat hamilBiasanya hal yang paling umum untuk membedakan tanda hamil keputihan dan keputihan biasa terletak pada warna cairan keputihan. Keputihan tanda hamil mempuyai warna yang berbeda dengan cairan keputihan biasa yang umumnya berwarna bening.

Cairan keputihan saat menjalani masa awal kehamilan akan berwarna lebih kental mirip dengan air susu. Namun jika keputihan Anda berbau dan sudah berubah warna menjadi kuning maka harus Anda waspadai karena bisa jadi sebagai tanda kehamilan bermasalah karena infeksi.

Tanda kehamilan keputihan juga bisa dikenali dengan waktu keluar keputihan yang tak kunjung henti, bahkan keputihan tersebut terus keluar selama masa kehamilan berlangsung sehingga banyak wanita yang merasa khawatir akan kondisi tersebut.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena selama keputihan Anda normal dan tidak berbahaya maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Keputihan Biasa

Biasanya keputihan biasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut berwarna jernih, putih, timbul keputihan sedikit, tidak berbau dan tidak disertai rasa nyeri dan gatal pada Miss V.

Akan tetapi sangat sulit untuk membedakan antara keputihan biasa dan keputihan yang menandakan kehamilan, namun seperti yang disebutkan diatas biasanya keputihan berwarna lebih seperti putih susu dibandingkan keputihan yang menjelang menstruasi dimana lebih bening.

Dan biasanya tanda hamil keputihan dibarengi dengan berbagai macam tanda lainnya seperti terlambat datang bulan, mual, pusing, muntah, pusing, mudah lelah dll.

Sehingga keputihan yang menandakan kehamilan pasti memiliki tanda khusus yang berbeda dari keputihan biasa dan payudara lebih membesar dengan bagian merah puting lebih lebar dan gelap.

Klik chat

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mengalami Keputihan Saat Hamil?

panty linerMenggunakan Panty liner

Jika keputihan Anda sangat banyak dan berlebihan maka Anda bisa menggunakan panty liner karena akan menyerap cairan keputihan berlebihan sehingga panty liber membantu Anda untuk merasa lebih nyaman.

Akan tetapi jangan menggunakannya dalam jangan waktu yang lama karena dikhawatirkan akan memberikan iritasi pada Miss V dan juga jangan pernah menggunakan tampon ketika Anda mengalami keputihan saat hamil.

Jangan Menggunakan Cairan Pembersih

Karena cairan pembersih Miss V dapat mengganggu kimia alami dalam vagina Anda dan dapat menyebabkan infeksi pada Miss V saat kehamilan dan juga mungkin bisa memaksa udara masuk ke dalam Miss V yang bisa berbahaya bila Anda sedang hamil.

Jangan Gunakan Tisu Kasar

Ada baiknya Anda tidak menggunakan tisu kasar untuk mengelap Miss V Anda saat buang air besar maupun kecil, karena bisa menyebabkan iritasi dan mengubah tingkat pH dalam saluran Miss V sehingga bisa meningkatkan peluang Anda mengalami infeksi vagina.

Jangan Berendam di Air Hangat

Karena dikhawatirkan berendam di air hangat bisa memicu tumbuhnya jamur, sehingga bisa menyebabkan keputihan yang semakin banyak.

Itulah tadi berbagai macam tanda hamil keputihan dan cara mengatasinya dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka bisa konsultasikan kepada tim medis Kami di Klinik Utama Gracia.

Klik chat