tanda-tanda menstruasi pada wanitaTanda tanda menstruasi bagi wanita termasuk salah satunya adalah perubahan emosional, terkenal bagi masyarakat awam bagi wanita yang sering emosional berarti wanita tersebut sedang menjalani periode haid. kami akan menulis artikel mengenai tanda-tanda menstruasi pada wanita.

Pada beberapa tanda kadang mempengaruhi kondisi tubuh, sehingga membuat tubuh merasa tidak nyaman, dan terkesan seperti tidak siap mengantisipasi terjadinya menstruasi. Menstruasi adalah bagian dari siklus saat seorang wanita mengeluarkan darah haid dari vagina selama beberapa hari. Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda.

Bagi wanita yang sering mengalami hal ini (menstruasi), maka tanda-tanda menstruasi tidak asing lagi bagi mereka. Sedangkan wanita yang baru mengalami menstruasi akan menjadi sesuatu yang baru yang terkadang sulit menerima tanda-tanda akan mengalami menstruasi. Berikut adalah penjelasan mengenai tanda-tanda akan mengalami menstruasi.

Tanda-Tanda Menstruasi Pada Wanita

Perubahan Emosional

tanda-tanda menstruasi pada wanita

Gejala seperti perubahan emosional seperti ini sangat sering dialami wanita yang memasuki periode menstruasi, seperti mudah marah, depresi atau cemas, bahkan mudah tersinggung.

Perubahan emosional seperti ini biasanya disebabkan oleh rasa sakit pada bagian perut. Untuk mengurangi rasa sakit, anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau obat anti-inflamasi non-steroid, atau anda dapat menempatkan botol yang terisi air hangat ke bagian perut anda.

Jika sakit sudah melampaui batas atau tidak bisa diobati dengan parasetamol, sebaiknya anda pergi kedokter dan konsultasikan keluhan anda.

Perubahan Fisik

Perubahan fisik sering terjadi menjelang menstruasi, perubahan fisik ini meliputi:

• Masalah kulit, akan munculnya jerawat pada bagian wajah.
  • Payudara akan terasa nyeri.
  • Sendi pada badan anda akan terasa nyeri.
  • Punggung dan pinggang juga akan merasakan nyeri seperti tertekan.

untuk beberapa wanita akan mengalami hal ini:

• Kembung.
  • Mual.
  • Kram perut.
  • Diare

Premenstrual Syndrom (PMS)

Tanda-tanda PMS meliputi perubahan fisik dan prikologi yang lebih berat dibandingkan penjelasan yang diatas. Tetapi, tidak terjadi pada semua wanita.

Gejala Fisik

• Nyeri yang luar biasa pada bagian perut.
  • Berat badan turun.
  • Tidak bisa tidur pada malam hari.
  • Pusing.
  • Nyeri sendi.
  • Sakit kepala.
  • Munculnya jerawat.
  • Sakit punggung.
  • Kram otot perut.
  • Perasaan kembung.
  • Nyeri pada bagian payudara.
  • Mudah lelah.

Gejala Psikologi

• Berubahnya suasana hati dengan cepat.
  • Mudah tersinggung dan mudah marah.
  • Perasaan depresi.
  • Akan merasakan kegelisahan.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Cenderung mudah lupa.

Cara Meringankan Gejala Menstruasi

tanda-tanda menstruasi pada wanita

• Yoga merupakan kegiatan untuk menenangkan diri, beberapa gerakan yoga dapat mengurangi kram perut.
  • Olahraga, saat perut kram itu menandakan tertahannya darah yang harus dikeluarkan, karena mulut rahim yang sempit, dengan olahraga anda dapat mengatasi memperlancar haid.
  • Kompreslah perut anda dengan botol yang berisi air hangat. Lalu letakkan botol tersebut pada perut dan gulirkanlah secara merata pada perut.
  • Menggunakan koyo. Tehnik ini dapat meringankan rasa sakit saat kram.
  • Hindarilah mengkonsumsi kafein, karena dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Pil KB juga dapat membuat hormon stabil sehingga membantu meringankan gejala-gejala menstruasi seperti jerawat, emosi dan rasa nyeri akan terasa ringan.
  • Minumlah obat pereda rasa sakit.

Konsultasikan diri anda ke dokter jika anda merasakan nyeri yang berlebihan pada bagian perut anda, sehingga membuat anda tak sadarkan diri, sehingga mendapat perawatan lebih lanjut dari tim medis.

Jika anda mengalami tanda-tanda yang tidak normal pada menstruasi, anda dapat datang ke Klinik Utama Gracia, dokter-dokter kami akan melayani keluhan anda dan dapat memberikan solusi yang cepat bagi kesehatan anda, kami juga mempunyai layanan konsultasi medis online yang dapat anda nikmati secara gratis. Anda akan terhubung bersama konsultan-konsultan medis kami untuk menjawab beberapa keluhan anda.