tanda tanda menstruasi

Hampir sebagian besar wanita dewasa pasti akan mengalami tanda tanda menstruasi sebelum menstruasi datang seperti kram pada perut, nyeri pada bagian pinggang, sampai payudara terasa sakit. Ya hal tersebut memanglah sesuatu hal yang normal terjadi jika wanita mengalami pra menstruasi sindrom (PMS).

PMS adalah kombinasi dari berbagai macam gejala dan pada beberapa wanita biasanya akan mengalami PMS selama seminggu atau lebih sebelum masa menstruasi mereka dan akan menghilang selama periode Anda. Bahkan The Mayo Clinic memperkirakan sekitar 75 persen wanita akan mengalami setidaknya beberapa bentuk PMS.

Perlu Anda ketahui juga bahwa PMS dapat mempengaruhi menstruasi wanita dari segala usia dan efeknya berbeda untuk setiap wanita. Bahkan pada beberapa wanita sering mengatakan bahwa timbulnya gejala-gejala menstruasi tersebut bisa sangat menyebalkan karena bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

Apa yang Menyebabkan PMS?

Diketahui Perubahan hormon selama siklus menstruasi tampaknya menjadi penyebab paling umum dari PMS, karena pada siklus menstruasi tingkat hormon berubah-ubah sehingga dapat mempengaruhi pikiran sehingga bisa menimbulkan stres dan masalah emosional. Beberapa kemungkinan penyebab lainnya termasuk:

• Rendahnya tingkat vitamin dan mineral.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin, yang dapat menyebabkan Anda untuk mempertahankan cairan.
  • Minum alkohol dan kafein yang dapat mengubah suasana hati dan tingkat energi Anda.

Apa Sajakah Tanda Tanda Menstruasi?

Hampir sebagian besar wanita akan mengalami satu ataupun lebih tanda tanda menstruasi namun yang lebih sering adalah gejala fisik dan emosional, diantaranya adalah sebagai berikut:

• Timbul jerawat.
  • Payudara terasa sakit dan bengkak.
  • Sering merasa kelelahan padahal tidak melakukan aktivitas berat.
  • Kesulitan untuk tidur
  • Sakit perut, kram, kembung, sembelit, atau diare.
  • Sakit kepala atau sakit punggung.
  • Perubahan nafsu makan atau mengidam makanan tertentu contohnya rujak dll.
  • Nyeri sendi atau nyeri otot.
  • Masalah dengan konsentrasi atau memori.
  • Ketegangan, lekas marah, perubahan suasana hati, atau tiba-tiba menangis.
  • Merasa cemas atau depresi

Namun, perlu untuk Anda catat bahwa tanda tanda menstruasi pada wanita bisa saja bervariasi dan berbeda-beda pada wanita.

PMS Lebih Sering Terjadi Pada wanita yang:

• Berusia antara akhir 20 tahun dan awal 40 tahunan.
  • Yang sudah Memiliki setidaknya 1 anak.
  • Memiliki riwayat keluarga depresi.
  • Memiliki riwayat medis masa lalu baik depresi atau gangguan mood.

Bagaimana Cara Untuk Meringankan Gejala PMS?

Dengan Cara Perubahan Gaya Hidup

tanda tanda haidJika gejala PMS Anda tidak begitu buruk maka Anda bisa menerapkan pola hidup sehat, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil yang dapat membantu meringankan gejala-gejala.

• Berolahraga secara teratur. Setiap minggu, Anda harus melakukan 2 jam ataupun 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang, 1 jam dan 15 menit untuk intensitas aktivitas fisik aerobik atau sebuah kombinasi aktivitas sedang dan berat.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Menghindari makanan: garam, makanan bergula, kafein, dan alkohol, terutama ketika Anda mengalami gejala-gejala PMS.
  • Tidur yang cukup. Cobalah untuk mendapatkan sekitar 8 jam tidur setiap malam.
  • Temukan cara sehat untuk mengatasi stres. Caranya adalah dengan berbicara dengan teman Anda, latihan, atau menulis dalam sebuah jurnal ataupun bisa dengan latihan yoga atau terapi relaksasi.
  • Tidak merokok.

Dengan Menggunakan Obat

Obat penghilang rasa sakit dapat membantu meringankan gejala fisik PMS, seperti kram, sakit kepala, sakit punggung, dan nyeri payudara. Dan obat-obatan tersebut termasuk:

• Ibuprofen
  • Ketoprofen
  • Naproxen
  • Aspirin

Namun, ada baiknya jika Anda ingin mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat PMS maka ada baiknya konsultasikan kepada dokter Anda.