counter

telat haid 5 hari

Wanita mengalami telat datang bulan biasanya membuat mereka panik. Karena mereka merasa tidak pernah mengalami menstruasi telat. Ada beberapa hal yang menyebabkan telat menstruasi dan cukup beragam, mulai dari tiga hari, empat hari, hingga telat lima hari hingga tujuh hari dan apa tanda tersebut. Jika anda mengalami telat haid 5 hari, itu pertanda apa?.

Keterlambatan dalam mengalami datang bulan biasanya menjadi pertanyaan besar para wanita. Mereka selalu menanyakan mengapa dirinya mengalami telat datang bulan. Padahal sebelum-sebelumnya mereka tidak pernah mengalami telat menstruasi.

Menstruasi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Banyak orang yang mengalami menstruasi secara normal pada siklus 28-35 hari. Namun ada juga wanita yang memasuki masa haid melebihi masa tersebut. Tidak bisa dipungkiri banyak pertanyaan yang sering ditanyakan oleh wanita mengenai telat haid.

Beberapa pertanyaan yang diutarakan oleh para wanita. Salah satunya adalah jika mengalami telat haid selama lima hari, apakah itu hamil? Mungkin pertanyaan seperti ini pernah anda tanyakan juga. Tetapi tidak semua wanita yang mengalami telat haid dalam lima hari bisa dikatakan hamil.

Apakah Telat Haid 5 Hari Tanda Sebuah Kehamilan?

Salah satu penyebab seseorang mengalami menstruasi telat karena mereka hamil. Tetapi tidak semua wanita akan mengalami hal ini. Mungkin juga menstruasi tersebut telat karena beberapa faktor yang membuat anda mengalami siklus menstruasi yang telat.

Bahkan banyak wanita yang penasaran akan hal tersebut dan mencoba untuk melakukan tes menggunakan testpack untuk mengetahui apakah dia sedang hamil atau tidak. Memang penggunaan alat ini tidak salah.

Lalu, jika sudah menggunakan testpack tetapi hasilnya negative mungkin itu bisa saja testpack yang anda gunakan salah membaca. Namun jika anda masih penasaran mengapa anda telat haid, maka sudah sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan yang ada di Klinik Utama Gracia. Seperti melakukan pemeriksaan USG dan atau tes darah untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak.

Namun menstruasi telat pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, selain dari faktor kehamilan. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan telat menstruasi.

Klik chat

tanda hamilStres

Salah satu pemicu terlambat datang bulan adalah stres. Karena stres menyebabkan siklus menstruasi pada tubuh anda berubah. Jika anda mengalami keterlambatan menstruasi coba anda cek lagi, apakah anda stres atau tidak.

Penyakit

Banyak penyakit yang bisa menyebabkan anda mengalami keterlambatan dalam menstruasi. Seperti halnya diabetes. Untuk itu coba anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah anda memiliki penyakit yang membuat anda mengalami keterlambatan haid.

Tiroid

Beberapa wanita mengalami tiroid. Tiroid memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika anda memiliki masalah pada tiroid, maka dapat dipastikan menstruasi anda juga akan menjadi telat. Tetapi hal ini terjadi apabila tiroid yang anda idap sudah terlalu parah.

Olahraga

Olahraga memang baik bagi tubuh dan dapat membuat anda mendapatkan menstruasi secara lancar. Namun ada juga olahraga yang menyebabkan anda mengalami keterlambatan datang bulan, biasanya ini terjadi ketika anda melakukan olahraga yang cukup berat. Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan hormon esterogen berkurang.

Pil Kontrasepsi

Ada sebagian jenis obat yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi anda. Jenis obat ini seperti pil KB, dan obat antidepressant. Hal ini akan mempengaruhi menstruasi anda dan dapat menyebabkan telat menstruasi pada anda.

Itulah beberapa hal yang mungkin menyebabkan anda mengalami telat datang bulan. Meskipun anda mengalami telat haid 5 hari atau lebih, mungkin itu bukan tanda anda sedang mengalami kehamilan. Ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengetahui telat datang bulan anda.

Klik chat