counter

penyebab impoten

Impotensi atau impoten atau disfungsi ereksi merupakan salah satu disfungsi seksual yang umumnya terjadi pada pria, namun tidak menutup kemungkinan juga impotensi terjadi pada wanita. Impotensi adalah kondisi dimana pria tidak mampu mencapai ataupun mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual. Ada beberapa penyebab impoten yang bisa membuat pria mengalami kondisi ini.

Kondisi ini wajar jika hanya terjadi sesekali saja, namun jika hal ini sering dialami pria bahkan setiap saat, maka Anda membutuhkan penanganan untuk mengatasinya. Penanganan akan mudah dilakukan dengan mengetahui penyebab impoten. Jika tidak, maka penanganan dan pengobatan yang dilakukan hanyalah sia-sia. Berikut ini adalah beberapa penyebab bisa terjadinya impotensi.

1. Gangguan Emosional

Gangguan emosional disertai dengan tekanan berat bisa membuat terjadinya masalah salah satunya yaitu impotensi ini. Misalnya saja jika pria mengalami tekanan terkait pekerjaan, rumah tangga ataupun hal lainnya. Hal-hal tersebut pastinya akan membuat seseorang menjadi stress sehingga tidak mampu berereksi secara normal.

2. Gangguan Fisik

Kelelahan yang dikarenakan aktivitas sehari-hari juga bisa menyebabkan impotensi. Selain itu gangguan fisik seperti terjadinya cacat karena kecelakaan juga termasuk di dalamnya. Lagi-lagi gangguan fisik ini akan berakibat pada stres atau depresi yang dirasakan seseorang.

3. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak baik dan tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab impoten, seperti misalnya kebiasaan merokok atau konsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan buruk ini jika dilakukan dalam jangka panjang bisa menurunkan kemampuan pria dalam ereksi. Selain itu kebiasaan begadang dan jarang olahraga juga bisa mempengaruhi kemampuan pria untuk ereksi.

impoten

4. Konsumsi Obat Tertentu Dalam Jangka Panjang

Ada beberapa jenis obat yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menyebabkan seseorang mengalami impotensi. Hal ini dikarenakan adanya berbagai zat kimia yang masuk ke dalam tubuh dan mempengaruhi aliran darah di dalam tubuh. Misalnya seperti obat stimultant dan juga obat hormon.

5. Obesitas

Obesitas atau berat badan yang berlebih bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada metabolisme tubuh sehingga akan membuat produksi hormon reproduksi tidak berjalan dengan baik. Selain itu, seseorang yang mengalami obesitas cenderung memiliki aliran darah yang tidak baik sehingga terhambatnya ereksi.

6. Kelainan Endokrin

Kelenjar endokrin berperan menghasilkan hormon seksual, gairah seksual, sistem reproduksi, metabolisme dan juga berbagai kondisi lainnya. Terjadinya masalah pada endokrin akan menyebabkan beberapa penyakit yang bisa menjadikan seseorang mengalami impotensi, yaitu:

  • Diabetes. Penyakit ini disebabkan karena tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang berfungsi untuk mengubah kadar gula di dalam tubuh menjadi energi. Penderita diabetes bisa menyebabkan terjadinya impotensi.
  • Kerusakan syaraf. Terjadinya gangguan dalam produksi hormon insulin dalam kondisi yang sudah para akan membuat penderitanya mengalami kerusakan syaraf termasuk syaraf yang bertugas menggerakkan penis. kerusakan syaraf juga bisa mempengaruhi produksi hormon dan juga aliran darah menuju penis.

Itulah beberapa penyebab impoten yang bisa terjadi pada pria. Impotensi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan rutin berolahraga minimal 3 jam setiap minggu. Selain itu hindari stres ataupun kelelahan, dan jaga selalu kesehatan agar terhindar dari kondisi impotensi ini.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai hal terkait impotensi ataupun gangguan seksual lainnya, Anda bisa melakukan konsultasi melalui layanan chatting online di bawah ini secara gratis. Atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan segera. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Klik chat