counter

cara mengobati herpes

Herpes adalah penyakit kulit yang diakibatkan virus. Terdapat dua jenis penyakit herpes, yaitu herpes zoster dan juga herpes simpleks. Herpes zoster disebabkan oleh virus penyebab cacar air, bisa terjadi pada kulit penderitanya. Sedangkan herpes simpleks terbagi dua yaitu herpes yang menginfeksi bibir, dan juga yang menginfeksi alat kelamin. Penularan herpes bisa terjadi jika ada kontak langsung atau melalui air liur. Bagi Anda yang mengalami herpes, berikut ini adalah cara mengobati herpes secara tradisional.

1. Tanaman Waru Landak

Tanaman waru landak bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara mengobati herpes secara tradisional. Tanaman ini memang berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit termasuk herpes. Caranya, gunakan 10 lembar daun waru landak, kemudian tumbuk dan oleskan pada kulit yang mengalami herpes. Lalu tutup menggunakan kain kasa. Lakukan cara ini setiap hari sampai herpes mengering.

2. Daun Binahong

Daun binahong memiliki kandungan antibiotik yang alami untuk mengobati herpes. Untuk menggunakannya Anda hanya cukup menumbuk halus daun binahong kemudian oleskan pada kulit yang mengalami herpes.

3. Bawang Putih

Bawang putih yang biasa digunakan untuk bumbu dapur ini bisa menjadi salah satu obat herpes. Caranya, tumbuk satu siung bawang putih, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena herpes. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan lakukan sampai herpes hilang. Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk pengobatan dari dalam dengan cara memakan satu atau dua siung bawang putih yang sudah dihancurkan, dan lakukan setiap hari.

4. Akar Licorice

Akar licorice bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini penting bagi penderita herpes karena kondisi daya tahan tubuhnya menurun. Bahan ini juga baik untuk mengobati herpes karena memiliki kandungan anti inflamasi dan juga anti virus yang tinggi. Cara penggunaannya, campur 1 sendok makan bubuk akar licorice dengan setengah sendok makan air, lalu oleskan pada kulit yang terkena herpes. Diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan. Anda bisa melakukan cara ini 3 sampai 4 kali sehari sampai herpes hilang.

mengobati herpes

5. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil bisa mengatasi masalah kulit salah satunya herpes. Tea tree oil ini memiliki sifat anti inflamasi. Cara penggunaannya, campurkan tea tree oil dengan minyak sayur. Lalu tambahkan minyak mur dan minyak esensial geranium serta minyak peppermint. Oleskan pada kulit yang terkena herpes sebanyak 3 sampai 5 kali sehari sampai kulit mulai membaik.

6. Cuka Sari Apel

Bahan satu ini memang berguna untuk berbagai penyakit, termasuk herpes. Dalam cuka sari apel terdapat sifat anti inflamasi, astringent dan juga desinfektan. Caranya, gunakan kapas untuk mengoleskan cuka sari apel pada kulit yang terkena herpes sebanyak 3 sampai 4 dalam sehari. Anda juga bisa mencampur 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air, kemudian meminumnya 2 kali sehari sampai sembuh.

7. Kantong Teh Hitam

Kantong teh hitam mengandung tanin yang memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti virus yang bisa menyembuhkan herpes. Untuk menggunakannya, setelah Anda menyeduh teh hitam, gunakan kantong tehnya untuk mengompres kulit yang terkena herpes. Diamkan selama 5 menit, kemudian lepas dan bersihkan. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Beberapa cara mengobati herpes di atas memang terbilang tradisional, namun aman dilakukan karena tidak mengandung bahan kimia di dalamnya. Cara-cara tersebut umumnya dilakukan untuk mengurangi gejala herpes, namun tidak menghilangkan virus herpes yang tetap akan bersarang di tubuh Anda.

Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kami di Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online gratis di bawah ini.
Klik chat