uretritis adalah

Uretritis adalah peradangan pada uretra, Uretra adalah tabung yang membawa urin dari kandung kemih keluar tubuh. Merasakan nyeri saat buang air kecil adalah pertanda utama terkena gejala uretritis, peradangan uretra umumnya karena infeksi bakteri, penyakit ini biasanya dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Penyebab Uretritis

Sebagian besar Peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk dari kulit di sekitar pembukaan uretra. Bakteri yang menyebabkan Peradangan uretra, meliputi:

• E.coli dan bakteri lain yang ada di dalam tinja (feses)
  • Gonococcus, yang ditularkan dan dapat menyebabkan gonore.
  • Chlamydia trachomatis, yang ditularkan dan dapat menyebabkan klamidia seksual.
  • Virus herpes simpleks (HSV-1 dan HSV-2), juga dapat menyebabkan Peradangan.
  • Trichomonas adalah penyebab lain dari peradangan uretra, trichomonas adalah organisme bersel tunggal yang menular lewat hubungan seksual.

Infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia biasanya hanya pada ureta. Tapi infeksi menular seksual dapat meluas ke organ reproduksi pada perempuan, dan dapat menyebabkan penyakit radang pinggul (PID).

Pada pria, gonore dan klamidia kadang-kadang menyebabkan epididimitis, infeksi epididimitis. PID dan epididimitis dapat menyebabkan kemandulan.

Gejala Uretritis

Gejala utama dari Uretritis adalah rasa sakit saat buang air kecil. Selain rasa sakit, gejala uretritis meliputi:

• Sering buang air kecil.
  • Kesulitan saat buang air kecil.
  • Peradangan uretra juga dapat menyebabkan gatal-gatal, nyeri, atau ketidaknyamanan ketika seseorang tidak buang air kecil.

Gejala lain

• Nyeri saat berhubungan seks
  • Pada pria, akan terdapat darah pada air mania tau urine.

Pada pria cairan bernanah yang keluar menunjukkan peradangan  yang diakibatkan gonore, sementara bila cairan yang keluar agak bening maka pertanda peradangan non-gonokokal. Peradangan uretra pada wanita sulit didiagnosa sebab jarang mengeluarkan cairan-cairan seperti pada pria, tapi tetap akan mengalami gejala sulit buang air kecil dan rasa sakit.

Diagnosis Uretritis

Dokter akan mendiagnosis Peradangan dan menanyakan riwayat kesehatan anda. Jika anda mengalami nyeri buang air kecil, dokter akan menganggap anda terkena peradangan uretra, dokter akan memberikan antibiotik segera, sambil menunggu hasil tes.

Tes dapat membantu mengkonfirmasi diagnosis uretritis dan penyebabnya, tes untuk penyakit ini dapat mencakup:

• Pemeriksaan fisik, termasuk alat kelamin, perut dan rektum.
  • Tes urin untuk gonore, klamidia atau bakteri lainnya.
  • Pemeriksaan debit menggunakan mikroskop.

Tes darah seringkali tidak diperlukan untuk diagnosis, tapi tes darah dapat dilakukan dalam situasi tertentu.

Pengobatan Uretritis

Pengobatan Uretritis adalah Antibiotik dapat berhasil menyembuhkan uretritis yang disebabkan oleh bakteri. Banyak Jenis antibiotik yang dapat mengobati uretritis. Beberapa yang sering di resepkan dokter adalah:

uretritis

• Adoxa, doxycycline (vibramycin), Monodox, oracea.
  • Azitromisin (Zmax), Zithromax.
  • Ceftriaxone (Rocephin).

Jika peradangan disebabkan oleh infeksi trikomonas biasanya diobati dengan antibiotik metronidazole. Tinidazol juga dapat mengobati trikomoniasis.

Pasangan seksual anda juga harus diobati untuk mencegah terulangnnya infeksi. Sangat penting untuk memeriksakan diri anda setelah tiga bulan untuk memastikan infeksi benar-benar bersih.

Pencegahan

Beberapa penyebab peradangan uretra bisa cegah dengan menghindari:

• Iritasi akibat manipulasi manual uretra
  • Hubungan seks tanpa kondom
  • Bahan kimia yang bisa mengiritasi uretra, seperti lotion, deterjen, kontrasepsi,atau spermisida.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera Memeriksakan diri ke dokter, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.