counter

vaksin hpv pada wanitaVaksin HPV adalah vaksin yang diperuntukkan untuk melindungi diri dari bahayanya virus HPV, HPV adalah singkatan dari human papillomavirus, virus HPV sangat berbahaya, dapat menyebabkan penyakit kanker serviks. Infeksi virus HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel tidak normal pada serviks. Pada wanita keadaan tersebut dapat berkembang menjadi kanker serviks. Untuk mencegah penyakit kanker serviks yaitu dengan cara melakukan suntik vaksin pencegahan virus HPV sejak dini.

Vaksin pencegahan virus HPV pada wanita sebaiknya dilakukan sejak usia dini, yang mana pada usia 11-12 tahun belum pernah melakukan hubungan seksual. Pemberian vaksin ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu ketika umur 11-12 tahun lalu vaksin kedua sebaiknya dua bulan setelah vaksin pertama, untuk vaksin yang ketiga dapat diberikan enam bulan setelah vaksin yang kedua. Jika anda belum melakukan vaksin HPV atau belum lengkapnya vaksinasi, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk melakukan vaksinasi.

Vaksin juga diperuntukkan untuk pria, terutama untuk pria yang memiliki kelainan seksual seperti hubungan intim sesama pria, atau melakukan hubungan seksual yang tidak sehat. Virus HPV pada pria dapat menyebabkan kutil kelamin, sehingga dapat mengganggu kesuburan pada pria.

Jenis Vaksin HPV

vaksin sejak dini

Virus HPV memiliki jenis-jenis yang sangat banyak, dan terdapat jenis HPV yang menyebabkan infeksi pada area genital, sehingga dapat berkembang menjadi kanker serviks. Vaksin terdapat dua jenis yaitu vaksin cervarix dan gardasil. Adapun penjelasannya seperti berikut:

  • Vaksin Cervarix

Vaksin jenis ini diproduksi oleh GSK dan berlisensi pada tahun 2006, kandungan yang terdapat pada vaksin ini ada 2 strain virus HPV yaitu strain 16 dan 18, strain yang terkandung di dalam vaksin tersebut bertanggung jawab terhadap 70% kejadian kanker serviks. Dalam percobaan populasi yang terkontrol tingkat pencegahan kanker serviks menggunakan vaksin ini adalah 90%.

  • Vaksin Gardasil

Vaksin jenis ini di produksi oleh MSD, yang lebih dikenal dengan perusahaan MERCK di lisensi pada tahun 2009, vaksin ini berisi 4 strain virus HPV, 2 strain sama dengan vaksin cervarix yaitu strain 16 dan 18 yang berfungsi untuk mencegah kanker serviks dan 2 strain lainnya yaitu strain 6 dan 11 yang berfungsi untuk mencegah terjangkitnya kutil kelamin.

Penyakit kutil kelamin tidak membahayakan nyawa namun sangat berbahaya jika tidak segera diobati, dapat juga berkembang menjadi kanker penis, dan anus, maka dari itu sebaiknya anda mencegah kutil kelamin sejak dini. Untuk pria dokter akan merekomendasikan untuk menggunakan vaksin gardasil karena pria yang aktif berhubungan seksual sangan besar kemungkinan terkena kutil kelamin.

Untuk penggunaan vaksin di atas terdapat efek samping yang tergolong ringan, seperti gatal dan nyeri disekitar bekas suntikan, pada sebagian orang terkadang mengalami sakit kepala dan demam yang disertai mual dan muntah.

Jika anda ingin melakukan vaksin HPV sebaiknya anda ke Klinik Utama Gracia, di Klinik kami menyediakan layanan untuk melakukan vaksin terhadap virus HPV.

Konsultasikan penyakit anda dengan konsultan-konsultan medis online kami, caranya klik banner di bawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save

Save

Save