virus hpv adalah virusHpv adalah singkatan dari human papillomavirus, virus HPV adalah virus yang menyebabkan kutil dan ditularkan melalui kontak fisik. Beberapa jenis virus HPV adalah termasuk jenis virus yang menyebabkan tumor pada saluran genital seperti kanker rahim. Menurut situs medicinenet lebih dari 100 virus HPV dan diantaranya ada 30 jenis virus HPV ditularkan melalui kontak seksual.

Kebanyakan infeksi dari HPV genital datang dan pergi selama beberapa tahun, namun terkadang virus papilloma pada manusia dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan atau tanpa menyebabkan kelainan seluler.

Mayoritas Human palillomavirus menyebabkan kutil pada tangan, jari dan bahkan wajah. Sebagian besar virus ini tidak berbahaya, yang memicu tumbuhnya virus ini adalah bahan-bahan yang ada di dalam kosmetik. Virus ini juga menghasilkan kutil plantar (pada telapak tangan).

Virus HPV adalah Penyebab Beberapa Penyakit

virus hpv adalah virus kutil

Kutil kelamin adalah penyakit yang paling sering dikaitkan dengan dua jenis HPV, yaitu virus HVP-6 dan HPV-11. Kutil dapat muncul dalam beberapa minggu setelah kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi dengan virus papilloma, atau bahkan kemunculan kutil kelamin pada bulan dan tahun berikut setelah tertular. HPV adalah penyebab pertumbuhan abnormal di daerah genital dan pada leher rahim (dapat meluas ke dalam vagina).

Beberapa jenis papillomavirus dapat menyebabkan kanker, tapi keadaan ini sangat jarang terjadi. Papillomavirus tertentu saja yang menyebabkan resiko terkena kanker, ada dua tipe papillomavirus yang pertama papilloma low-risk, yang resiko menumbuhkan kanker itu sangat rendah, dan papillomavirus high-risk yang resiko menumbuhkan kanker sangat tinggi karena jenis ini dapat menumbuhkan sel abnormal.

Tanda dan Gejala Infeksi HPV Pada Pria dan Wanita

Infeksi HPV menimbulkan tanda dan gejala yang berbeda terhadap pria dan wanita, berikut penjelasannya:

Infeksi Pada Pria

virus hpv adalah virus menular seksual

Infeksi HPV biasanya tidak menghasilkan tanda-tanda dan gejala pada pria, walaupun infeksi beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kutil kelamin, yang muncul berupa benjolan pada daerah genital.

Infeksi yang kurang umum adalah virus papilloma yang menyebabkan kanker penis atau anus pada pria, kanker lainnya dapat disebabkan oleh infeksi HPV, yaitu kanker oropharyngeal, kanker tenggorokan, kanker pangkal lidah.

Infeksi HPV Pada Wanita

virus hpv adalah virus menular seksual pada tenggorokan

Seperti pada Pria, HPV pada wanita biasanya tidak menimbulkan tanda-tanda dan gejala. Namun, dalam beberapa kasus, infeksi HPV terus berlanjut dan menyebabkan kutil kelamin atau berkembang menjadi kanker atau prakanker pada sel-sel yang melapisi serviks uterus. Jenis-jenis HPV yang menyebabkan kanker, kutil kelamin, dan kutil kulit, semuanya berbeda.

Pengujian menggunakan papanicolaou (Tes Pap) memungkinkan untuk mendeteksi kanker yang terkait HPV pada serviks, tes pap telah digunakan dalam beberapa dekade terakhir ini. Jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks dan kanker lainnya sering terjadi pada wanita.

Jenis infeksi HPV yang menyerang daerah genital juga dapat menyebabkan infeksi pada rongga mulut. Beberapa jenis HPV yang menyerang rongga mulut dapat menyebabkan kanker tenggorokan dan lapisan mulut, sedangkan jenis lainnya dapat menyebabkan kutil di mulut dan tenggorokan.

Jika virus menyerang pada wanita hamil, maka kemungkinan menginfeksi bayi sangat kecil, bahkan jika bayi terinfeksi, biasanya infeksi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Infeksi HPV tidak ada kaitannya dengan komplikasi kehamilan seperti keguguran atau prematur.