counter

selaput dara yang belum robek

Selaput dara yang belum robek diidentikkan sebagai tanda bahwa wanita masih perawan. Alasannya, ketika wanita sudah melakukan hubungan seksual, maka selaput tipis ini akan robek karena terjadinya penetrasi. Pemikiran seperti ini masih ada sampai sekarang, walaupun sudah banyak informasi yang bertujuan mengedukasi bahwa selaput dara tidak bisa dijadikan patokan dari keperawanan wanita.

Selaput Dara Robek

Selaput dara yang belum robek memang akan menutupi bukaan vagina, walaupun tidak seluruhnya. Hal ini yang membuat selaput dara akan mudah robek bila terjadi penetrasi saat melakukan hubungan seksual. Namun karena kondisinya yang sangat tipis, membuat selaput dara bisa saja robek karena penyebab lain.

Walaupun begitu, selaput dara juga bisa tidak robek saat terjadi penetrasi. Hal ini bisa dikarenakan selaput dara sangat elastis, hubungan seksual yang dilakukan secara rileks ataupun lubrikasi pada vagina yang cukup.

Selain itu, orang-orang mempercayai bahwa wanita akan mengalami pendarahan saat pertama kali selaput dara robek atau saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Namun penelitian mengatakan, hanya sekitar 43 persen wanita yang akan mengalami pendarahan saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

Selaput Dara Yang Belum Robek

Pada wanita yang masih perawan, maka vaginanya akan terlihat masih rapat, dan selaput daranya masih utuh. Selaput dara yang belum robek juga dikatakan akan membuat pasangan sulit untuk melakukan penetrasi saat pertama kali.

Klik chat

Hampir seluruh wanita tidak mengetahui bagaimana bentuk, letak, dan kondisi selaput dara yang dimilikinya. Karena keberadaannya yang di dalam dan sulit terlihat langsung membuat wanita juga tidak mengetahui dengan betul apakah ia memiliki selaput dara atau tidak. Namun dikatakan ada sebuah cara untuk melihat kondisi selaput dara yang Anda miliki dengan bermodalkan sebuah cermin dan juga senter atau penerang.

Caranya mungkin akan terasa sedikit sulit, namun bisa Anda coba. Mulai dengan menempatkan diri Anda pada posisi berbaring di tempat tidur, dan sanggah bagian pinggul Anda dengan menggunakan bantal, dan buka kedua kaki Anda. Kemudian letakkan cermin di antara kedua kaki, sehingga vagina Anda menjadi terlihat. Buka lah bagian bibir vagina dengan jari, dan terangi dengan senter bila tidak terlalu terlihat. Selaput dara yang masih utuh, umumnya akan terlihat dengan adanya lapisan tipis dengan sebuah lubang kecil. Namun bila selaput dara sudah robek atau rusak, akan terlihat bekas rusak atau robekan pada lapisan tipis tersebut.

selaput dara yang belum robek

Bila Anda menemukan kondisi selaput dara Anda sudah robek padahal belum pernah melakukan hubungan seksual, mungkin saja robekan tersebut terjadi karena aktivitas lain yang Anda lakukan, dan itu adalah hal yang wajar. Bahkan ada wanita yang tidak memiliki selaput dara sama sekali. Dan perlu diketahui bahwa bentuk selaput dara yang dimiliki wanita pasti akan berbeda-beda.

Walaupun begitu, keperawanan merupakan suatu hal yang tetap harus dijaga entah itu berkaitan dengan keutuhan selaput dara atau tidak. Karena keutuhan selaput dara bisa dikembalikan melalui prosedur operasi selaput dara, namun keperawanan sama sekali tidak bisa kembali bila telah hilang. Namun terkadang operasi selaput dara ini juga disebut sebagai operasi mengembalikan keperawanan wanita.

Bila memiliki masalah terkait kewanitaan ataupun ingin berkonsultasi mengenai operasi selaput dara, Anda bisa langsung berkonsultasi pada staf Klinik Utama Gracia dengan menggunakan layanan chatting yang sudah disediakan. Anda juga bisa langsung mendatangi Klinik Utama Gracia untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter kami. Semoga bermanfaat.
Klik chat