counter

penyebab ambeien

Ambeien adalah kondisi pembuluh darah yang membengkak pada area anus yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada beberapa penyebab ambeien dan tahapan ambeien yang harus Anda ketahui. Hal ini diperlukan untuk mewaspadai terjadinya penyakit ambeien ini terjadi pada Anda.

Tahapan Ambeien

1. Tahap 1

Tahap atau stadium 1 merupakan stadium awal. Pada tahap ini ambeien masih mudah sekali diobati. Dan hal tersebut dilakukan agar ambeien tidak menjadi tambah parah. Gejala yang akan muncul pada tahap ini yaitu adanya bengkak berupa benjolan yang keluar dari anus yang masih kecil bahkan belum terlihat, dan tidak membahayakan.

2. Tahap 2

Memasuki tahapan kedua ini, benjolan di anus berukuran sedang, dan penderita mulai akan merasakan ketidaknyamanan ketika duduk atau berdiri terlalu lama. Biasanya benjolan akan terlihat ketika seseorang buang air besar, dan akan masuk kembali ke dalam anus ketika berdiri atau berjalan. Gejala lainnya yaitu akan munculnya nyeri pada bagian sekitar anus.

3. Tahap 3

Stadium 3 atau tahapan ketiga ini sudah terbilang lumayan berat, karena ambeien akan menyebabkan komplikasi berupa wasir. Kondisi tersebut dimana setiap kali penderita buang air besar, maka akan keluar darah. Benjolan yang berada di anus juga sudah berukuran agak besar dan tidak bisa masuk lagi ke dalam anus jika tidak didorong dengan bantuan tangan.

4. Tahap 4

Tahap 4 atau stadium 4 adalah tahapan yang paling parah, dan merupakan stadium atau tahapan akhir. Ambeien pada stadium ini sudah terbilang parah dan sangat mengganggu, sehingga penanganan medis harus segera dilakukan. Benjolan di anus pada stadium ini sudah berukuran sebesar bola tenis, dan tidak bisa masuk kembali ke dalam walaupun sudah didorong dengan bantuan tangan. Penanganan tepat yang bisa dilakukan yaitu dengan prosedur operasi untuk mengangkat benjolan dan menghilangkan nyeri serta rasa tidak nyaman.

penyebab ambeien

Penyebab Ambeien

1. Kurang Serat

Tubuh yang kekurangan serat akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi tidak lancar, sehingga terjadilah konstipasi. Ketika konstipasi, maka seseorang harus mengejan dengan lebih kuat. Namun hal tersebut malah akan memicu terjadinya ambeien yang disebabkan terjadinya tekanan kuat pada area pembuluh darah di anus.

2. Hamil

Ketika hamil, maka tubuh akan menjadi lebih berat karena adanya janin yang dikandung. Berat yang berlebih ini akan menyebabkan tekanan pada area pinggul dan sekitarnya, sehingga berakibat pada terhambatnya aliran darah balik yang menuju ke jantung. Hal tersebut akan menyebabkan darah menumpuk pada area anus, dan menyebabkan pembuluh darah membengkak, dan terjadilah ambeien.

3. Usia

Bertambahnya usia akan membuat fungsi otot di tubuh menjadi menurun atau melemah. Hal ini juga berpengaruh pada jaringan otot dan juga pembuluh darah yang berada di bagian anus, yang akhirnya melemah karena faktor usia, sehingga menjadi penyebab ambeien.

4. Diare Dan Konstipasi

Ketika konstipasi terjadi maka seseorang akan mengejan dengan lebih kuat dan menyebabkan tekanan di area anus sehingga melemahkan pembuluh darah yang ada pada area tersebut dan menyebabkan ambeien. Ambeien juga bisa terjadi ketika seseorang mengalami diare. Kondisi tersebut akan membuat pembuluh darah melebar dan akhirnya melemah.

Tahapan atau stadium dan juga penyebab ambeien di atas sebaiknya Anda ketahui agar dapat Anda waspadai sedini mungkin. Jika Anda pernah mengalami gejala ambeien, sebaiknya segera konsultasikan kondisi tersebut pada dokter. Hal tersebut berguna agar ambeien tidak masuk dalam stadium atau tahapan yang berbahaya dan akhirnya menyebabkan komplikasi yang serius.
Klik chat