ciri ciri keputihan yang berbahaya

Hampir setiap wanita pernah mengalami keputihan. Namun ada beberapanya yang mengalami keputihan yang tidak normal. Keputihan tidak normal ini umumnya akan menimbulkan bahaya. Untuk itu para wanita harus mengetahui ciri ciri keputihan yang berbahaya untuk mengantisipasi jika suatu saat mereka mengalami ciri-ciri keputihan seperti ini.

Ciri ciri keputihan yang berbahaya sebenarnya bisa diketahui melalui warna, tekstur, dan juga aroma yang dikeluarkannya. Jika terdapat ciri-ciri yang tidak normal, maka kemungkinan Anda mengalami keputihan yang berbahaya dan bisa menjadi tanda bahwa ada kondisi tertentu pada area kewanitaan atau di tubuh Anda.

Sebelum mengetahui ciri-cirinya, lebih baik Anda mengetahui apa penyebab dari keputihan berbahaya ini. Keputihan abnormal atau yang berbahaya bisa terjadi karena adanya penyakit menular seksual, infeksi bakteri, virus, ataupun jamur di area kewanitaan. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri keputihan yang berbahaya bagi wanita.

1. Keputihan Berwarna

Keputihan yang normal memiliki warna putih jernih. Keputihan dikatakan berbahaya jika memiliki warna putih susu, keabuan, kuning, dan juga kehijauan. Keputihan berwarna putih susu bisa menjadi tanda bahwa adanya infeksi jamur candida albicans, keputihan kehijauan bisa menjadi tanda infeksi gonorhea, dan keputihan berwarna lainnya yang bisa menjadi tanda adanya infeksi berbahaya di organ kewanitaan.

2. Keputihan Berbau Tidak Sedap

Seharusnya keputihan tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap atau bahkan bau menyengat. Jika Anda mengalami keputihan dengan ciri berbau yang khas, bisa menjadi tanda terjadi kondisi tertentu pada area kewanitaan Anda. Misalnya keputihan berbau amis merupakan tanda terjadinya ketidakseimbangan mikroorganisme di organ kewanitaan. Atau keputihan yang berbau busuk, bisa menjadi tanda adanya infeksi klamidia yang merupakan penyakit menular seksual.

keputihan yang berbahaya

3. Menyebabkan Gatal

Keputihan yang menyebabkan munculnya rasa gatal juga bisa menjadi pertanda bahaya. Gatal ini bisa disebabkan karena adanya infeksi jamur pada area kewanitaan. Bukan hanya rasa gatal saja yang akan dirasakan oleh wanita yang terinfeksi jamur, namun juga akan mengalami ciri keputihan abnormal lainnya.

4. Keputihan Disertai Sering Buang Air Kecil

Ciri lainnya yaitu jika keputihan terjadi sering disertai dengan buang air kecil. Terkadang ada gejala lainnya yang dialami yaitu munculnya rasa panas ketika buang air kecil. Jika Anda mengalami gejala ini, mungkin pertanda bahwa Anda mengalami infeksi saluran kemih. Penanganan yang tepat harus segera dilakukan agar infeksi tidak menyebar dan menyerang ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal bagi penderitanya.

5. Keputihan Disertai Nyeri di Panggul

Jika Anda mengalami ciri keputihan yang disertai dengan nyeri panggul, bisa menjadi pertanda terjadinya infeksi dan juga kanker serviks atau kanker rahim. Nyeri yang muncul di bagian panggul wanita ini adalah akibat dari terjadinya peradangan pada bagian organ dalam di panggul.

Untuk menghindari keputihan yang berbahaya tersebut, Anda bisa melakukan cara-cara sederhana seperti selalu menjaga kebersihan area kewanitaan, tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, menghindari hubungan seks yang berisiko, dan yang pasti lebih memperhatikan kesehatan dari organ kewanitaan Anda.

Jika ciri ciri keputihan yang berbahaya di atas sedang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda tersebut pada dokter. Lebih cepat diperiksakan akan lebih baik, karena bisa meminimalisir kemungkinan kondisi menjadi bertambah parah.

Atau Anda juga bisa berkonsultasi lebih dulu dengan tenaga medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online di bawah ini. Penanganan yang segera dilakukan dengan tepat akan mempercepat kesembuhan Anda. Semoga bermanfaat.