gejala infeksi saluran kencing

Gejala infeksi saluran kencing bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Namun penyakit infeksi saluran kencing ini banyak dialami oleh wanita karena jarak saluran kemihnya yang lebih pendek. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari usus besar dan merupakan bakteri yang berada di feses manusia, namun berpindah ke saluran kemih karena beberapa hal.

Bakteri dan kuman tersebut masuk dan berkembang di saluran kemih atau saluran kencing dan membuat terjadinya peradangan dan infeksi karena mengeluarkan racun dan terjadi iritasi di saluran tersebut. Infeksi bisa terjadi di sepanjang jalur saluran kemih, mulai dari uretra atau saluran kencing bawah sampai ke ginjal. Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi saluran kencing.

1. Nyeri Ketika Buang Air Kecil

Gejala yang pertama yaitu ditandai dengan munculnya nyeri saat buang air kecil. Rasa nyeri yang muncul ini terasa seperti terbakar, dan panas ketika buang air kecil. Namun biasanya rasa nyeri ini akan hilang sendiri. Gejala ini terjadi karena adanya infeksi pada saluran kencing bagian bawah dan juga kandung kemih.

2. Anyang-anyangan

Gejala infeksi saluran kencing yang lainnya yaitu anyang-anyangan. Anyang-anyangan adalah kondisi dimana seseorang merasa ingin selalu buang air kecil, namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit dan juga disertai rasa nyeri ketika buang air kecil. Ketika mengalami anyang-anyangan, seseorang akan merasa tidak nyaman karena harus bolak-balik ke kamar mandi dan juga merasa bahwa buang air kecilnya belum tuntas.

3. Nyeri Di Perut Bagian Bawah

Nyeri perut bagian bawah atau kandung kemih juga bisa menjadi gejala lainnya. Jika Anda merasakan gejala nyeri ini sebaiknya Anda waspada, karena bisa ada kemungkinan bahwa menjadi indikasi batu kandung kemih.

gejala infeksi saluran kencing

4. Buang Air Kecil Berdarah

Darah yang mengalir pada urine berasal dari kerusakan yang terjadi pada lapisan uretra karena infeksi bakteri pada saluran kemih. Jika Anda mengalami gejala ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, karena bisa saja juga berkaitan dengan gangguan pada ginjal, dan juga kondisi medis lainnya.

5. Demam

Infeksi bakteri yang terjadi umumnya akan membuat seseorang mengalami demam. Biasanya demam terjadi karena adanya infeksi di saluran kemih bagian atas dan juga ginjal.

6. Nyeri Pinggang Bagian Kiri Atau Kanan Belakang

Gejala lainnya yang dialami oleh penderita infeksi saluran kencing yaitu merasakan nyeri pada pinggang bagian kiri atau kanan sebelah belakang secara terus menerus. Biasanya gejala ini disertai dengan demam, dan merupakan pertanda bahwa infeksi terjadi di saluran kencing bagian atas dan juga organ ginjal.

7. Urine Berwarna Pekat

Urine normal umumnya berwarna jernih atau sedikit kuning, jika Anda mengalami urine yang berwarna pekat, bisa menjadi tanda bahwa adanya gangguan pada saluran kencing Anda. Segera konsultasikan dengan dokter terkait kondisi tersebut.

Itulah beberapa gejala infeksi saluran kencing yang akan dialami oleh penderitanya. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Infeksi saluran kencing yang dibiarkan akan membuat kondisinya semakin serius, karena bakteri bisa saja menginfeksi ginjal dan menimbulkan kerusakan. Untuk itu, sebelum hal yang lebih serius terjadi, sebaiknya lakukan pengobatan, untuk mengatasi permasalahan infeksi saluran kencing yang Anda rasakan.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online di bawah ini secara gratis, atau datang langsung ke Klinik Utama Gracia.