gejala prostat

Kanker prostat merupakan penyakit yang paling sering dialami pria, namun sering juga terabaikan. Banyak gejala prostat yang terkena kanker akan terjadi pada penderita, namun sering tidak disadari bahwa hal tersebut adalah gejala kanker prostat, sampai akhirnya kanker ini menyebar dan tidak lagi bisa terobati. Jika gejala prostat yang terkena kanker diketahui lebih dini, maka penyakit ini sebenarnya dapat disembuhkan. Untuk itu ketahui gejala prostat yang terkena kanker berikut ini:

1. Buang Air Kecil Menjadi Lebih Sering

Gejala utama yang akan terjadi pada penderita kanker prostat yaitu buang air kecil yang menjadi lebih sering. Hal ini terjadi karena ketika kanker menyerang prostat makan akan terjadi peradangan dan akhirnya membesar sehingga menekan kandung kemih, dan muncul lah keinginan buang air kecil secara terus menerus.

Namun gejala ini seringkali terabaikan karena dianggap suatu hal yang wajar. Padahal ketika kanker prostat terjadi, urine yang keluar ketika buang air kecil akan keluar sedikit-sedikit, bahkan bisa juga hanya menetes.

2. Urine Sulit Keluar

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penderita kanker prostat cenderung akan mengalami urine yang sulit keluar. Hal ini terjadi karena prostat membengkak dan menghalangi urine menuju uretra yang letaknya ada di tengah prostat.

Gejala ini juga bisa terjadi karena pembesaran prostat jinak karena bagian dalam prostat yang mengelilingi uretra semakin membesar. Namun pembesaran prostat jinak ini tidak berbahaya seperti kanker.

3. Sakit Ketika Buang Air Kecil

Jika sakit ketika buang air kecil ini dibarengi dengan 3 gejala sebelumnya, maka bisa jadi Anda mengalami prostatitis atau radang prostat karena infeksi atau penyebab lain selain kanker. Gejala prostatitis yang lainnya yaitu melunaknya perineum, sakit di otot, sendi, dan punggung bawah, sakit ketika ejakulasi, dan juga terdapat darah di urin.

4. Impotensi

Gejala prostat yang terkena kanker juga bisa berupa kesulitan melakukan ataupun mempertahankan ereksi atau yang biasa disebut impotensi. Impotensi sendiri berbeda pengertiannya dengan mandul, hanya saja pria yang mengalami impotensi akan merasakan gangguan dalam ereksi. Gejala ini juga mungkin saja terjadi karena faktor usia.

gejala prostat

5. Sakit Ketika Ejakulasi

Ejakulasi dan buang air kecil akan menggunakan saluran yang sama, sehingga penderita kanker prostat cenderung akan merasa sakit ketika melakukan dua aktivitas ini. Namun sakit ketika ejakulasi juga bisa terjadi karena pembesaran prostat jinak atau karena adanya penyakit menular seksual.

6. Darah Di Urine Atau Sperma

Darah yang berada di urine akan membuat warna urine menjadi merah muda. Selain itu darah juga bisa ditemukan pada sperma penderita kanker prostat. Sama halnya dengan sebelumnya, gejala ini juga bisa terjadi karena pembesaran prostat jinak ataupun penyakit menular seksual.

7. Sakit Di Punggung Bawah, Panggul, Dan Paham Dalam Bagian Atas

Sakit pada tiga bagian tubuh ini kadang diabaikan oleh penderitanya, karena terbilang umum terjadi. Hal inilah yang membuat banyak penderita kanker prostat meninggal karena pengabaian gejala-gejala tersebut.

Jika merasakan gejala-gejala di atas sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan terkait dengan kondisi Anda. Apabila ditemukan lebih dini, maka kemungkinan Anda untuk sembuh bisa lebih tinggi. Maka dari itu, jangan sampai Anda mengabaikan satu gejala apapun walaupun hanya gejala ringan atau kecil. Perhatian terhadap gejala yang Anda rasakan bisa menyelamatkan jiwa Anda dari bahaya kanker prostat tersebut.

Konsultasikan permasalahan prostat atau apapun yang berhubungan dengan andrologi, melalui layanan chatting online Klinik Utama Gracia di bawah ini.