penyebab herpes kulit

Herpes kulit atau herpes zoster merupakan penyakit herpes yang menyerang kulit penderitanya. Penyebab herpes kulit ini adalah virus bernama varisella zoster yang juga merupakan virus penyebab cacar air. Virus ini menginfeksi manusia ketika virus melakukan kontak dengan mukosa saluran pernapasan atau mata. Mulai dari sini lah virus menyebar ke seluruh tubuh. Setelah itu virus akan bermigrasi melalui serabut saraf sensorik menuju badan saraf tulang belakang, dan berdiam disana.

Virus ini bisa aktif sewaktu-waktu tergantung pada faktor resiko penyebab herpes kulit ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab herpes kulit.

1. Virus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa penyebab herpes zoster ini merupakan virus bernama varisella zoster yang juga menjadi penyebab cacar air. Penularan virus bisa terjadi melalui udara, dan menyerang siapapun yang memiliki sistem imunitas yang lemah.

2. Usia

Virus zoster ini banyak menyerang seseorang yang sudah berusia di atas 50 tahun, dan jarang menyerang orang di bawah usia tersebut. Hal ini bisa juga dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang sudah menurun ketika berusia di atas usia 50 tahun.

3. Cacar Air

Seseorang yang sudah pernah mengalami cacar air, berarti pernah terpapar virus varisella zoster ini. Dan ketika cacar air sembuh, virus ini tetap berdiam dalam tubuh dan tidak hilang. Virus ini bisa aktif sewaktu-waktu dan menyebabkan herpes zoster.

4. Sistem Kekebalan Tubuh Yang Buruk

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk bukan hanya bisa mengalami herpes zoster, tapi segala macam penyakit juga bisa menyerang tubuhnya. Untuk itu diperlukan beberapa hal untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan yang bergizi, cukup istirahat, hindari stress, merokok, dan juga konsumsi alkohol.

penyebab herpes

5. Obat-Obatan Tertentu

Penyebab herpes kulit lainnya yaitu bisa juga disebabkan karena konsumsi obat-obatan tertentu. Ada beberapa jenis obat yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun jika dikonsumsi dalam jangka panjang, misalnya obat steroid dan juga pada pasien kemoterapi. Pada pasien kemoterapi, bukan hanya sel kanker saja yang akan dihilangkan, namun juga sel tubuh baik. Hal inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh pasien kemoterapi menurun.

6. Stress

Ketika seseorang stres, maka semua otot dan juga saraf di otak akan menegang, dan pada saat inilah penyakit bisa dengan mudah menyerang. Ketika seseorang yang stres melakukan pola makan yang buruk, maka akan berakibat pada sistem kekebalan tubuhnya yang memburuk. Hal ini lah yang bisa menyebabkan virus mudah menginfeksi tubuh.

7. Malas Cuci Tangan

Kebiasaan malas mencuci tangan juga bisa menjadi penyebab Anda terkena herpes zoster. Ketika virus varisella terkena di tangan Anda, dan Anda tidak mencuci tangan, maka virus tersebut bisa menular dan masuk ke dalam tubuh. Untuk itu lakukan kebiasaan mencuci tangan dengan bersih untuk menghindari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan tubuh.

Untuk menangani cacar air yang terjadi karena virus varisella zoster, maka dokter akan memberikan obat cacar pada pasien. Sedangkan untuk penderita herpes zoster, dokter akan memberikan obat antiviral untuk mengurangi gejala yang diakibatkan oleh herpes zoster. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa pengobatan hanya dilakukan untuk mengatasi gejala yang muncul, bukan untuk menghilangkan virus dari tubuh, karena ketika gejala hilang, virus akan menetap di dalam tubuh dan bisa kambuh sewaktu-waktu jika keadaan tubuh sedang menurun.