penyakit kelamin wanita

Baik pria maupun wanita, ada banyak bahaya yang dapat mengintai terkait dengan kesehatan organ kelamin yang dimilikinya. Ada beberapa jenis penyakit kelamin wanita dan juga penyakit kelamin pria yang dapat dialami oleh siapapun, baik muda ataupun tua. Mengetahui gejala yang terjadi, bisa menjadi salah satu cara mewaspadai keberadaan penyakit kelamin ini. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kelamin wanita dan juga penyakit kelamin pria.

1. Gonore

Penyakit kelamin yang juga sering disebut sebagai kencing nanah ini bisa dialami oleh wanita maupun pria. Penyebab gonore sendiri adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menular melalui kontak seksual.

Gejala yang terjadi bila terinfeksi penyakit menular seksual ini adalah keluarnya cairan putih seperti nanah dari ujung penis, keputihan abnormal sering terjadi pada wanita, merasa sakit saat buang air kecil, area dubur terasa gatal, terjadi pendarahan di luar menstruasi, nyeri pada testis pria, dan juga perut bagian bawah terasa sakit.

2. Sipilis

Sipilis juga merupakan jenis penyakit kelamin wanita dan juga pria. Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum ini dapat disebut sebagai penyakit yang membahayakan, karena dampak yang diberikannya bisa membuat terjadinya kerusakan organ tubuh lain. Namun hal ini tidak akan terjadi bila penanganan segera dilakukan dengan tuntas.

Gejala sipilis yang akan terjadi berbeda berdasarkan tahapan penyakit tersebut. Dimulai dari munculnya luka yang tidak terasa sakit, kemudian muncul ruam, demam, nyeri sendi, sakit pada tenggorokan, kelenjar di ketiak, pangkal paha, dan juga leher mengalami pembengkakan, dan juga kelelahan.

3. Herpes Genital

Sama seperti sebelumnya, herpes genital juga merupakan penyakit kelamin pria dan juga wanita. Penyebab penyakit menular seksual ini adalah virus herpes simpleks tipe-2, yang tidak dapat hilang dari tubuh setelah pernah terinfeksi.

Gejala yang terjadi yaitu munculnya benjolan dan juga luka di alat kelamin ataupun anus, terasa sakit ketika buang air kecil, nyeri otot, gejala flu, dan demam. Karena virus ini akan menetap pada tubuh, maka gejala ini bisa kambuh kapan saja, namun tidak separah gejala pertama. Gejala dapat dengan mudah kambuh jika penderita memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

4. Kutil Kelamin

Walaupun penyebabnya merupakan human papillomavirus (HPV) yang juga menjadi penyebab kanker serviks, namun kutil kelamin atau kondiloma akuminata dapat terjadi pada wanita maupun pria.

penyakit kelamin pria

Gejala yang akan muncul yaitu adanya benjolan seperti daging tumbuh yang permukaannya seperti kembang kol, muncul hanya satu ataupun berkelompok, gatal pada kelamin, dan juga mengalami pendarahan saat berhubungan seksual.

5. Klamidia

Pria dan wanita dapat terinfeksi bakteri chlamydia trachomatis yang merupakan penyebab penyakit menular seksual klamidia. Seringkali kehadiran penyakit ini tidak disadari oleh penderita, karena gejala yang tidak muncul. Penanganan yang dilakukan terlambat dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit radang panggul pada wanita, gangguan kesuburan, arthritis, bahkan HIV/AIDS.

Namun bila gejala terjadi, maka penderita akan mengalami sakit buang air kecil, keputihan pada wanita, keluarnya cairan dari penis, merasa sakit saat melakukan hubungan seksual, mengalami pendarahan di luar menstruasi, sakit pada bagian testis pria, dan juga merasakan sakit di perut bagian bawah.

Waspadai keberadaan penyakit kelamin wanita dan juga penyakit kelamin pria di atas, agar Anda dapat melakukan penanganan dengan segera bila dirasa adanya gejala yang terjadi. Selain itu pencegahan sebaiknya selalu dilakukan agar tidak terinfeksi penyakit menular seksual, yaitu dengan menghindari aktivitas seksual yang berisiko.

Bila Anda memiliki keluhan terkait dengan penyakit kelamin atau penyakit menular seksual, Anda dapat berkonsultasi dan memeriksakan diri pada dokter Klinik Utama Gracia.