penyakit polip rahim

Penyakit polip rahim merupakan penebalan yang terjadi karena adanya benjolan yang tumbuh pada dinding rahim bagian dalam. Benjolan tersebut tumbuh karena ada jaringan sel yang abnormal. Ukuran dari polip ini pun beragam, mulai dari hanya beberapa milimeter sampai bisa beberapa sentimeter. Wanita bisa saja memiliki banyak polip di rahimnya, tak hanya satu.

Kondisi abnormal ini biasanya akan banyak dialami oleh wanita yang sudah menopause atau yang berusia di atas 45 tahun. Penyebab dari kondisi tersebut sebenarnya belum diketahui pasti, namun faktor hormonal bisa menjadi faktor yang berkaitan.

Walaupun terbilang tidak berbahaya di awal kemunculannya, namun ada juga yang awal kemunculan dari penyakit polip rahim ini sudah menunjukkan bahaya. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit polip rahim yang berbahaya bagi wanita:

1. Haid Tidak Lancar Selama Berbulan-Bulan

Gejala yang akan muncul paling sering yaitu haid terjadi secara tidak lancar. Biasanya gejala ini akan sering dialami oleh wanita yang sedang ataupun telah mengalami menopause. Bila haid tidak lancar ini terjadi selama berbulan-bulan misalnya Anda baru mengalami haid setelah dua bulan, itu bisa menjadi tanda awal adanya sel abnormal pada rahim Anda.

2. Terjadi Pendarahan Ketika Tidak Haid

Gejala lain yang berbahaya yaitu jika terjadi pendarahan ketika seorang wanita tidak sedang haid. Gejala ini harus segera Anda waspadai, karena bisa menjadi indikasi adanya sel abnormal yang tumbuh di dinding rahim bagian dalam.

penyakit polip

3. Pendarahan Di Masa Menopause

Darah haid harusnya tidak lagi keluar ketika wanita sudah mengalami menopause. Namun jika Anda mengalami pendarahan yang mirip dengan haid dan terjadi berulang ketika Anda sudah menopause, maka bisa menjadi tanda dinding rahim mengalami penebalan. Penebalan tersebut bisa terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal. Biasanya yang banyak mengalami gejala ini yaitu wanita yang sudah lansia dan sudah mengalami menopause lama.

4. Sering Mengalami Keguguran

Ketidaknormalan di dinding rahim akan membuat wanita sering mengalami keguguran dan juga terjadi pendarahan setelahnya. Hal ini terjadi karena dinding rahim menjadi lemah untuk menampung telur yang sudah dibuahi untuk waktu yang lama, sehingga biasanya keguguran terjadi pada bulan pertama atau kedua kehamilan. Gejala penyakit ini juga bisa diawali dengan terjadinya keguguran tiba-tiba di usia janin masih 3 minggu.

5. Sakit Perut Yang Berulang

Gejala lainnya yang bisa dialami oleh penderita penyakit polip rahim yaitu nyeri atau kram pada otot perut, sakit perut seperti melilit secara berulang dan terus menerus. Kadang gejala ini juga dibarengi terjadinya pendarahan ketika tidak dalam masa haid. Hal ini terjadi karena adanya peradangan akibat dari terjadinya penebalan di dinding rahim.

6. Haid Terus Menerus

Penderita juga bisa mengalami haid terus menerus yang biasanya dialami oleh wanita yang sedang ataupun sudah menopause. Hal ini terjadi karena adanya keabnormalan di dinding rahim karena tumbuhnya jaringan polip.

7. Sulit Hamil

Adanya jaringan abnormal yang tumbuh di rahim akan membuat penderitanya kesulitan untuk hamil, karena terjadinya penebalan dan juga rentan terhadap iritasi dan peradangan. Rahim juga menjadi tidak mampu untuk menampung sel telur yang sudah dibuahi.

Itulah beberapa gejala yang harus Anda waspadai. Jika Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui diagnosa yang tepat terkait kondisi Anda tersebut. Gejala di atas umumnya akan menimbulkan kerugian bagi wanita, untuk itu lakukan penanganan yang tepat dengan segera.