prostatitisProstatitis adalah pembengkakan kelenjar prostat. jaringan prostat menjadi meradang. Prostatitis sering digambarkan sebagai infeksi prostat. Hal ini juga dapat menjadi suatu peradangan tanpa tanda-tanda infeksi. itu tidak meningkatkan resiko kangker prostat.

Pembengkakan kelenjar prostat akut dimulai dengan cepat dan infeksi prostat kronis berlangsung selama 3 bulan atau lebih. Iritasi berkelanjutan dari kelenjar prostat yang tidak disebabkan oleh bakteri yang disebut infeksi prostat nonbakterial kronis.

Penyebab Prostatitis

Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dapat menyebabkan infeksi prostat akut. Infeksi menyebar melalui kontak seksual dapat menyebabkan infeksi pada prostat. Ini termasuk klamidia dan gonore. Infeksi menular seksual (IMS) yang lebih mungkin terjadi dari:

• praktik seksual tertentu, seperti melakukan seks anal tanpa memakai kondom
  • Memiliki banyak pasangan seksual

Pada pria di atas usia 35, E. coli dan bakteri umum lainnya yang paling sering menyebabkan infeksi prostat. Jenis infeksi prostat mungkin diawali dengan:

• Epididimis, tabung kecil yang duduk di atas testis
  • Uretra, tabung yang membawa urin dari kandung kemih dan keluar melalui penis

infeksi prostat akut juga bisa disebabkan oleh terjadinya masalah dengan uretra atau prostat, seperti:

• Penyumbatan yang mengurangi atau mencegah aliran urin keluar dari kandung kemih
  • Kulup penis yang tidak dapat ditarik kembali (phimosis)
  • Cedera pada daerah antara skrotum dan anus (perineum)
  • kateter urin, cystoscopy, atau biopsi prostat (menghapus sepotong jaringan untuk mencari kanker)

Pria berusia 50 tahun atau lebih tua yang mengalami pembesaran prostat memiliki risiko lebih tinggi untuk infeksi prostat. Kelenjar prostat bisa menjadi tersumbat. Hal ini membuat lebih mudah bagi bakteri untuk tumbuh. Gejala prostatitis kronis dapat serupa dengan gejala pembesaran kelenjar prostat.

Gejala Prostatitis

prostatitis adalah

Adapun gejala dari prostatitis atau infeksi prostat adalah:

• Panas dinging
  • Pembilasan kulit

Adapun gejala infeksi prostat seperti yang di atas itu termasuk gejala yang tidak parah.

Gejala kencing juga dapat memicu terjadinya infeksi prostat seperti:

• Darah dalam urin
  • Terbakar atau sakit saat buang air kecil
  • Kesulitan buang air kecil atau mengosongkan kandung kemih.
  • Urin berbau busuk
  • Aliran urin yang lemah

Adapun Gejala Lainnya, seperti Berikut:

• Nyeri di atas tulang kemaluan, dipunggung bawah, di daerah antara alat kelamin dan anus atau testis.
  • Nyeri saat buang air besar
  • Jika prostatitis terjadi dengan infeksi didalam atau di sekitar testis, itu juga mungkin gejala dari prostatitis.
  • Nyeri Ketika ejakulasi dan terdapat nanah di dalam air mani.

Diagnosis

prostatitis adalah

Selama pemeriksaan fisik, dokter mungkin menemukan:

• Pembesaran kelenjar getah bening atau tender di pangkal paha.
  • Cairan dilepaskan dari ureta anda
  • Bengkak atau skrotumnya lembut.

Dapat juga pemeriksaan dilakukan dengan melalui dubur untuk memeriksa prostat. Pemeriksaan melalui dubur ini dapat mengungkapkan:

• Besar dan lembutnya prostat.
  • Hangat, lembut, bengkak atau tender (dengan infeksi prostat akut)

Infeksi prostat juga dapat mempengaruhi hasil dari prostate-specific antigen (PSA), dan juga mempengaruhi tes darah untuk menyaring kanker prostat.

Pengobatan

obat prostatitis

Pengobatan infeksi prostat dapat melalui pemberian antibiotic.

Untuk infeksi prostat akut, anda akan minum antibiotic selama 2 sampai 6 minggu. Karena infeksi bisa terjadi lagi. Atau untuk lebih bagusnya bisa meminum antibiotic selama 12 minggu.

Seringkali infeksi tidak akan pergi bahkan setelah minum antibiotic untuk waktu yang lama. Gejala anda mungkin akan dating kembali ketika anda berhenti meminum obat. Jika kelenjar prostat telah bengkak anda akan sulit mengosongkan kandng kemih, Dan mungkin akan memerlukan tabung. Tabung dapat dimasukkan melalui perut anda (suprapubic kateter).

Adapun untuk perawatan Infeksi prostat dirumah dapat dilakukan seperti ini:

• Diharuskan sering buang air kecil dan benar.
  • Kompres dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit.
  • Mengambil pelunak tinja untuk membuat gerakan anus lebih nyaman.
  • Hindari zat-zat yang mengiritasi kandung kemih anda.
  • Minumlah air putih  yang banyak agar buang air kecil menjadi sering sehingga membantu bakteri keluar dari kandung kemih anda.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap sebaiknya langsung konsultasi ke dokter masalah Kesehatan anda, atau bisa kunjungi langsung Klinik Utama Gracia, kami mempunyai staff dokter yang profesional, berpengalaman dan didukung dengan alat-alat yang modern dan canggih, bisa juga hubungi konsultan online kami dengan klik tombol dibawah ini.